Menggunakan Shared Folder pada VirtualBox

Hal yang sering dijumpai ketika kita menggunakan virtual box adalah bagaimana caranya kita mengirim file yang ada pada OS komputer kita (Host OS) kedalam OS yang ada pada Virtual Box (Guest OS) . Mumpung masih fresh saya share gimana caranya :

Dalam kasus saya , saya memakai VirtualBox Ver. 4.3.10_Ubuntu dan Operating Sistem nya menggunakan Lubuntu 14.04 sebagai Host dan Windows 7 x86 (32bit) sebagai Guest nya (sebenernya nemu kaya gini gara2 kerjaan juga -_-# )

Dalam virtual box terdapat fitur yang bernama Shared Folder , untuk menggunakannya kita harus menginstall Guest Additions detailnya , dilinux cukup jalankan perintah :

sudo apt-get install virtualbox-guest-additions-iso

Setelah terinstall nyalakan Windows 7 pada virtualbox , pada tab Device (di pojok kanan atas) pilih “Shared Folder Settings” kemudian tambahkan folder yang akan di share , check “Auto-mount” dan “Make Permanent”.

desktop 2_017

Kembali ke tab Device lagi sekarang pilih “Insert Guest Addition CD image” . Jalankan Windows 7 pada Virtualbox dan buka windows explorer . Pada bagian CD Drive akan muncul “VirtualBox Guest Addition” pilih lalu jalankan installer didalamnya. Setelah terinstall maka akan muncul drive vboxsrv yang pathnya menuju folder yang kita share .

Wn7

Mengatasi freeze / hang mendadak pada Lubuntu 12.04

Udah lama ga nulis nih , postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi freeze yang sering terjadi di TeaLinux OS 5.0 Kukicha , kenapa di judul tulisanya Lubuntu 12.04 . Soalnya “Kukicha” itu adalah remaster dari Lubuntu 12.04 jadi memiliki kernel yang sama . Jadi permasalahan kenapa sering hang itu karena ada masalah di kernelnya , jadi solusinya ya ganti kernel , gimana caranya ?

Pertama download file file yang di butuhkan http://kernel.ubuntu.com/~kernel-ppa/mainline/ dan cari “v3.4-precise/” folder. Download 3 file yang ada disitu yaitu

1. linux-headers-3.4.0-030400-generic_3.4.0-030400.201205210521_i386.deb

2. linux-headers-3.4.0-030400_3.4.0-030400.201205210521_all.deb

3. linux-image-3.4.0-030400-generic_3.4.0-030400.201205210521_i386.deb

Kalau pake Lubuntu 12.04  64bit download yang “amd64″ selain “i386″.

Setelah di download tinggal jalanin/double klik aja terus install satu persatu lalu restart komputernya . Jika Komputer anda memiliki lebih dari satu OS maka akan ada tambahan pilihan grub 12.04 dengan kernel yang lama , untuk menghilangkannya hapus saja semua file kernel yang dulu di synaptic / hapus pilihannya di grub.cfg / biarin aja juga gpp (mungkin :p) .

Dah gitu aja gampang kan semoga bermanfaat.

Release Party TeaLinux OS 5.0

Dateng nih salah satu kreasi anak Indonesia , TeaLinux OS 5.0 . Bagi yang belum tau apa itu TeaLinux saya jelasin , Tea Linux adalah salah satu distro Linux yang diturunin dari Ubuntu atau bisa dibilang remastering dari Ubuntu , Tea Linux sendiri di kembangin sama komunitas bernama DOSCOM (Dinus Open Source community) yang ditujukan untuk programming , jadi kalau mau coding di Linux ga terlalu ribet karena udah di setting sedemikian rupa biar siap di jalanin.

Bicara tentang TeaLinux , besok tanggal 9 April 2013 DOSCOM akan ngadain Release party nih jadi yang pengin lebih tau  tentang TeaLinux daftar aja, ada pak Onno W Purbo juga lho . Info selengkapnya bisa dilihat disini.

CodeCamp 2013 The Art Of Game Programming

Awal tahun ini Doscom dengan HMTI Udinus ngadain acara codecamp lho. CodeCamp kali ini kita akan membuat sebuah game yang nantinya akan dapat berjalan di platform android. Acara ini bakal diselengarain dari tanggal 26 – 28 Januari 2013 , jadi buruan daftar soalnya cuman bisa nampung 40 orang doang.

pamflet fix

Untuk masalah resource gambar dan sebagainya tenang aja , karena game dev Fasilkom (Gadged) yang bakal nyediain resource nya so tinggal mikir coding nya aja.

Syarat biar bisa ikut acara ini (harus bayar tentunya)  paham Java Fundamental , soalnya disana pematerinya gak bakal sempet ngajarin Fundamental java , jadi belajar dulu ya.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lengkap bisa kunjungi situs https://sites.google.com/site/codecamp2012udinus/home

Lxpanel error / Hang saat dijalankan

Lxde adalah salah satu desktop environment yang cocok untuk komputer yang memiliki spec rendah karena sifatnya yang ringan , maka dari itu banyak Distro Linux termasuk  TeaLinuxOS menggunakan desktop environment yang satu ini.

Tetapi terkadang timbul masalah pada taskbar sewaktu membuka beberapa applikasi sekaligus atau saat mencharge baterai  , seperti di bawah ini

solusinya , ketik perintah ini pada terminal

lxpanelctl restart

maka taskbar akan menjadi normal kembali

Trus bagaimana jika solusi diatas tidak berhasil ?.  Bisa saja itu terjadi karena lxpanel mengalami “freeze” yang disebabkan sewaktu menjalankan applikasi libre office / applikasi lainya yang kadang kadang tidak sinkron dengan lxde

Untuk masalah seperti itu solusinya adalah ketik perintah ini di terminal

killall -9 lxpanel ; sleep 1 ;lxpanel

lxpanel akan bisa digunakan lagi , tetapi perintah diatas akan menyebabkan lxpanel tidak berjalan di background lagi , yah daripada di restart paling enggak cara ini bisa berguna untuk menyelamatkan dokumen yang belum disimpan sebelum di restart.

Utawarerumono PC Game Ending Song “Forever” Romaji Lyrics

Title   : 永久に / Towa Ni / Forever
Artist : Suara / 巽 明子 Tatsumi Akiko

—————————————————-

itoshi kimi yo tsuchi ni nare ware wa kumo ni na rou
omoi toke shi ame so nata ni mitasou
itoshi kimi yo hana ni nare ware wa hikari ni na rou
furimu kase shi kao wareni mise kakusan

towa ni nakaruru shizuku kana usubeni no hoo ochite hikari tozashi kage
towa ni nemururu chigiri kana aojiro kiito soba ni yorite nagusamuru

itoshi kimi yo umi ni nare ware wa kaze ni na rou
odayaka ni tokini hageshiku yose kaesan

towa ni kanawanu inori kana hoshi no kofure ni nosete sora ni kaesu
towa ni kaeranu sugi shihi yo shikkoku no kami toite koko ni nemuranto
towa no wakare ni sode furite kasumiyuku sama mabuta tozashi nokoranto

—————————————————-

Finally done , the ending song of Utawarerumono Visual Novel , there’s lot of words that i didn’t understand , maybe this lyrics is too deep for me hahaha

Kanji Source from here

Membuat kotak Angka Melingkar/memusat pada C

Pernah dapet request dari temen , buatin matrix 2 dimensi(wuah gampang) , tapi urutan angka nya melingkar(wedew), seperti ini

Setelah begadang selama 4jam(??) akhirnya nemu juga solusinya, ini source nya

#include<stdio.h>
int kotak[20][20];
int nilai=1;
int input,acuan1=1,batas1,acuan2=1,batas2;
void tulis(){
int i,j;
for(i=1;i<=input;i++){
for(j=1;j<=input;j++){
printf("%d\t",kotak[i][j]);
}
printf("\n\n");
}
}
void isi(){
int i,j,k,l;
for(i=acuan2;i<batas2;i++){
kotak[acuan1][i]=nilai;
nilai++;
}
for(j=acuan1;j<batas1;j++){
kotak[j][batas2]=nilai;
nilai++;
}
for(k=batas2;k>acuan2;k--){
kotak[batas1][k]=nilai;
nilai++;
}
for(l=batas1;l>acuan1;l--){
kotak[l][acuan2]=nilai;
nilai++;
}
batas1=batas1-1;
acuan1=acuan1+1;
batas2=batas2-1;
acuan2=acuan2+1;
}
int main(){
scanf("%d",&input);
batas1=input;
batas2=input;
if(input%2==0){
while((nilai-1)!=(input*input)){
isi();
}
}
else{
while(nilai!=(input*input)){
isi();
}
kotak[(input+1)/2][(input+1)/2]=(input*input);
}
printf("\n");
tulis();
return 0;
}

Semoga membantu

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.