Kannel , Open Source SMS Gateway

Kannel adalah sebuah aplikasi open source yang berfungsi sebagai WAP Gateway dan SMS Gateway untuk jaringan GSM. Dibangun dengan bahasa C dan dapat terhubung dengan SMSC , handphone , dan GSM/GPRS Modem. Kannel menggunakan interface HTTP/HTTPS untuk mengirim dan menerima sms

  • Instalasi Kannel pada Ubuntu

# apt-get install kannel

  • Konfigurasi Kannel

Setelah kannel terinstall , rubah file konfigurasi kannel yang biasanya terletak di  /etc/kannel/kannel.conf

#BEARERBOX/CORE SETUP
group = core
admin-port = 13000
admin-password = password
status-password = password
log-file = "/var/log/kannel/bearerbox.log" ##->letak log bearerbox
log-level = 0 ##-> 0 = debug , 1 = info , 2 = warning , 3 = error , 4 = panic
access-log = "/var/log/kannel/access.log"
smsbox-port = 13001
store-location = "/var/log/kannel/kannel.store" ##-> letak file dimana pesan disimpan

#SMSC modem
group = smsc
smsc = at
host = localhost
port = 13013
smsc-id = idsmsc
my-number = 082123456789 ##-> nomor SIM card yang dipake
modemtype = wavecom
device = /dev/ttyUSB0 ##-> lokasi modem , biasanya terletak di ttyUSB0/ttyUSB1
speed = 115200

#MODEM
group = modems
id = WAVECOM
name = wavecom
detect-string = "WAVECOM"
detect-string2 = "MODEM"
init-string = "AT+CNMI=1,2,0,1,0;+CMEE=1"

# SMSBOX SETUP
group = smsbox
bearerbox-host = localhost
sendsms-port = 13131
sendsms-chars = "0123456789+"
log-file = "/var/log/kannel/smsbox.log" ##-> log sms yang masuk
log-level = 0
access-log = "/var/log/kannel/access.log"
global-sender = 082123456789

# SEND-SMS USERS
group = sendsms-user
username = username
password = password
user-allow-ip = 127.0.0.1 ##-> alamat ip yang diperboleh kan mengirim pesan

group = sms-service
keyword = default
max-messages = 0
get-url = "http://urlapiservice/respond?msg=%a&time=%t&sender=%p"

*Catatan

– Setting kannel diatas diperuntukan untuk pengiriman pesan menggunakan modem , untuk pengiriman langsung ke smsc memerlukan akses ke smsc tujuan yang tergolong susah didapat
– pada group sms-service get-url adalah alamat url yang akan dikirimkan data pesan yang masuk melalui protocol http dalam hal ini GET dengan parameter %a = isi pesan yang diterima , %t = waktu pesan tiba , %p = nomor pengirim

  • Menjalankan Kannel

# /usr/sbin/bearerbox /etc/kannel/kannel.conf &

Untuk menjalankan bearerbox

# /usr/sbin/smsbox /etc/kannel/kannel.conf &

Untuk menjalankan smsbox untuk memantau pesan yang masuk

Untuk menghentikan service kannel cukup ketikkan perintah

# pkill box

Secara garis besar kalau tidak ada masalah kannel sudah bisa berjalan , untuk mencoba mengirimkan pesan bisa mencoba masukkan url ini dibrowser

http://127.0.0.1:13013/cgi-bin/sendsms?username=user&password=pass&to=085xxxxxx&text=mau+kirim+sms

*Catatan

– 127.0.0.1 adalah alamat dimana aplikasi kannel berada dan 13013 adalah port yang diatur di group SMSC , sedangkan user dan password harus sesuai yang ditulis di group sendsms-user, serta alamat / ip komputer browser yang menjalankan perintah ini juga harus terdaftar di group sendsms-user

Sumber Referensi

http://www.kannel.org/download/1.4.4/userguide-1.4.4/userguide.pdf

https://firtstest.wordpress.com/hacking/sms-gateway-di-linux-kannel-wvdial-di-ubuntu/

SMS , SMS Center , dan SMS Gateway

Seringkali kita mendapat sebuah pesan atau sms dari sebuah toko usaha atau sejenisnya yang berisi tentang promosi tentang produknya, yang dimana tidak hanya kita yang mendapat pesan tersebut tetapi orang lain juga disaat yang hampir bersamaan dan dalam jumlah yang banyak. Bagaimana cara itu dilakukan, apakah ada orang yang mengetik pesan tersebut dan mengirimnya secara manual satu persatu ? , tentu tidak.

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara itu dilakukan.

  • Apa itu SMS

SMS (Short Message Service) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk menerima dan mengirimkan pesan antar handphone . SMS pertama kali muncul di Eropa pada tahun 1992

  • SMSC

SMSC atau SMS Center bertanggung jawab untuk mengendalikan pengiriman sms . Ketika pesan dari hanpdhone terkirim dia akan dikirmkan ke smsc terlebih dahulu kemudian smsc akan meneruskannya ke tujuan. Ketika alamat tujuan tidak dapat dihubungi maka pesan akan disimpan oleh smsc kemudian akan dikirim lagi beberapa saat kemudian. Pada dasarnya alamat smsc itu seperti nomor biasa hanya saja menggunakan nomor international , pada kartu SIM (Subscriber Identity Module) lama / hp lama biasanya kita harus mensettting alamat smsc tersebut secara manual tetapi untuk sekarang alamat smsc tersebut sudah tersimpan dalam kartu SIM .

  • SMS Gateway

SMS Gateway berfungsi untuk menjembatani pesan yang dikirim dan diterima , seperti penghubung antara dua smsc yang berbeda protocol (terkadang tiap organisasi/vendor mempunyai protocol tersendiri di smsc mereka ) ,  mengirimkan pesan melalui SIM card ,  membuat pesan yang masuk menjadi email  dan sebagainya termasuk mengirim pesan massal untuk promosi .

Pada Umumnya terdapat 2 cara untuk mengirimkan pesan melalui komputer

1)  Menghubungkan komputer dengan handphone atau GSM/GPRS Modem kemudian menginstruksikan modem dengan SIM card didalamnya untuk mengirimkan pesan dengan menggunakan AT Command .

2) Menghubungkan komputer dengan SMSC lalu mengirimkan pesan menggunakan protocol yang digunakan oleh SMSC tujuan

Dari kedua cara tersebut cara kedua lebih dapat mengirimkan pesan lebih banyak dan lebih cepat tetapi untuk melakukanya kita harus mempunyai akses ke smsc tujuan tersebut. Sedangkan cara pertama kita hanya perlu membutuhkan sebuah modem yang mendukung perintah untuk mengirimkan pesan dan sebuah SIM Card yang ada pulsanya tentunya.

  • Mengirimkan SMS menggunakan AT Command

Install Minicom / Hyper Terminal (windows) atau aplikasi sejenisnya untuk menjalankan AT Command. Atur konfigurasi pada minicom untuk Linux, Modem USB biasanya terletak pada /dev/ttyUSB0 atau /dev/ttyUSB1 . Ketikkan AT, jika ada response OK berarti sudah terhubung dengan modem.

AT
OK
AT+CMGF=1
OK
AT+CMGW="+6285123456789"
> A simple demo of SMS text messaging.
+CMGW: 1

OK
AT+CMSS=1
+CMSS: 20

OK

– Pada Baris ke 3 , AT+CMGF menginstruksikan modem untuk bekerja kedalam text mode
– Pada baris ke 5 , AT+CMGW berfungsi untuk menyimpan pesan kedalam penyimpanan di modem dengan nomor tujuan (62 kode nomor indonesia ) 85123456789
– Pada baris ke 7 , 1 adalah nomor index dimana pesan itu dismpan
– Pada baris ke 9 , AT+CMSS=1 mengirimkan pesan yang ada pada storage di index 1

Pengiriman dengan cara ini cukup banyak menyita waktu dan harus menghafal AT Command , oleh karena itu dibuatlah SMS Gateway untuk melakukan peran ini dan kita hanya perlu mengatur konfigurasinya. Yang mana akan di jelaskan di postingan selanjutanya.

 

Referensi Lengkap : http://www.developershome.com/sms

Menggunakan Shared Folder pada VirtualBox

Hal yang sering dijumpai ketika kita menggunakan virtual box adalah bagaimana caranya kita mengirim file yang ada pada OS komputer kita (Host OS) kedalam OS yang ada pada Virtual Box (Guest OS) . Mumpung masih fresh saya share gimana caranya :

Dalam kasus saya , saya memakai VirtualBox Ver. 4.3.10_Ubuntu dan Operating Sistem nya menggunakan Lubuntu 14.04 sebagai Host dan Windows 7 x86 (32bit) sebagai Guest nya (sebenernya nemu kaya gini gara2 kerjaan juga -_-# )

Dalam virtual box terdapat fitur yang bernama Shared Folder , untuk menggunakannya kita harus menginstall Guest Additions detailnya , dilinux cukup jalankan perintah :

sudo apt-get install virtualbox-guest-additions-iso

Setelah terinstall nyalakan Windows 7 pada virtualbox , pada tab Device (di pojok kanan atas) pilih “Shared Folder Settings” kemudian tambahkan folder yang akan di share , check “Auto-mount” dan “Make Permanent”.

desktop 2_017

Kembali ke tab Device lagi sekarang pilih “Insert Guest Addition CD image” . Jalankan Windows 7 pada Virtualbox dan buka windows explorer . Pada bagian CD Drive akan muncul “VirtualBox Guest Addition” pilih lalu jalankan installer didalamnya. Setelah terinstall maka akan muncul drive vboxsrv yang pathnya menuju folder yang kita share .

Wn7

Mengatasi freeze / hang mendadak pada Lubuntu 12.04

Udah lama ga nulis nih , postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi freeze yang sering terjadi di TeaLinux OS 5.0 Kukicha , kenapa di judul tulisanya Lubuntu 12.04 . Soalnya “Kukicha” itu adalah remaster dari Lubuntu 12.04 jadi memiliki kernel yang sama . Jadi permasalahan kenapa sering hang itu karena ada masalah di kernelnya , jadi solusinya ya ganti kernel , gimana caranya ?

Pertama download file file yang di butuhkan http://kernel.ubuntu.com/~kernel-ppa/mainline/ dan cari “v3.4-precise/” folder. Download 3 file yang ada disitu yaitu

1. linux-headers-3.4.0-030400-generic_3.4.0-030400.201205210521_i386.deb

2. linux-headers-3.4.0-030400_3.4.0-030400.201205210521_all.deb

3. linux-image-3.4.0-030400-generic_3.4.0-030400.201205210521_i386.deb

Kalau pake Lubuntu 12.04  64bit download yang “amd64” selain “i386”.

Setelah di download tinggal jalanin/double klik aja terus install satu persatu lalu restart komputernya . Jika Komputer anda memiliki lebih dari satu OS maka akan ada tambahan pilihan grub 12.04 dengan kernel yang lama , untuk menghilangkannya hapus saja semua file kernel yang dulu di synaptic / hapus pilihannya di grub.cfg / biarin aja juga gpp (mungkin :p) .

Dah gitu aja gampang kan semoga bermanfaat.

Release Party TeaLinux OS 5.0

Dateng nih salah satu kreasi anak Indonesia , TeaLinux OS 5.0 . Bagi yang belum tau apa itu TeaLinux saya jelasin , Tea Linux adalah salah satu distro Linux yang diturunin dari Ubuntu atau bisa dibilang remastering dari Ubuntu , Tea Linux sendiri di kembangin sama komunitas bernama DOSCOM (Dinus Open Source community) yang ditujukan untuk programming , jadi kalau mau coding di Linux ga terlalu ribet karena udah di setting sedemikian rupa biar siap di jalanin.

Bicara tentang TeaLinux , besok tanggal 9 April 2013 DOSCOM akan ngadain Release party nih jadi yang pengin lebih tau  tentang TeaLinux daftar aja, ada pak Onno W Purbo juga lho . Info selengkapnya bisa dilihat disini.

CodeCamp 2013 The Art Of Game Programming

Awal tahun ini Doscom dengan HMTI Udinus ngadain acara codecamp lho. CodeCamp kali ini kita akan membuat sebuah game yang nantinya akan dapat berjalan di platform android. Acara ini bakal diselengarain dari tanggal 26 – 28 Januari 2013 , jadi buruan daftar soalnya cuman bisa nampung 40 orang doang.

pamflet fix

Untuk masalah resource gambar dan sebagainya tenang aja , karena game dev Fasilkom (Gadged) yang bakal nyediain resource nya so tinggal mikir coding nya aja.

Syarat biar bisa ikut acara ini (harus bayar tentunya)  paham Java Fundamental , soalnya disana pematerinya gak bakal sempet ngajarin Fundamental java , jadi belajar dulu ya.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lengkap bisa kunjungi situs https://sites.google.com/site/codecamp2012udinus/home

Lxpanel error / Hang saat dijalankan

Lxde adalah salah satu desktop environment yang cocok untuk komputer yang memiliki spec rendah karena sifatnya yang ringan , maka dari itu banyak Distro Linux termasuk  TeaLinuxOS menggunakan desktop environment yang satu ini.

Tetapi terkadang timbul masalah pada taskbar sewaktu membuka beberapa applikasi sekaligus atau saat mencharge baterai  , seperti di bawah ini

solusinya , ketik perintah ini pada terminal

lxpanelctl restart

maka taskbar akan menjadi normal kembali

Trus bagaimana jika solusi diatas tidak berhasil ?.  Bisa saja itu terjadi karena lxpanel mengalami “freeze” yang disebabkan sewaktu menjalankan applikasi libre office / applikasi lainya yang kadang kadang tidak sinkron dengan lxde

Untuk masalah seperti itu solusinya adalah ketik perintah ini di terminal

killall -9 lxpanel ; sleep 1 ;lxpanel

lxpanel akan bisa digunakan lagi , tetapi perintah diatas akan menyebabkan lxpanel tidak berjalan di background lagi , yah daripada di restart paling enggak cara ini bisa berguna untuk menyelamatkan dokumen yang belum disimpan sebelum di restart.